My Idea Business Model Canvas
Executive Summary
"Toko Perlengkapan Olahraga"
Pengantar
Dengan meningkatnya Olahraga di Indonesia merupakan peluang baru untuk memulai usaha toko olahraga. Demam sepak bola melanda dimana-mana ketika tim Sepak bola kita bermain sangat bagus dan menjadi juara. Apalagi sekarang makin maraknya olahraga futsal dimana-mana. Sehingga semakin membuka kita untuk membuka usaha toko olahraga.
Suatu proyek agar tujuannya dapat dicapai sefektif mungkin, maka suatu rencana harus dilakukan sebelum proyek tersebut terlaksana. Perencanaan tersebut meliputi rencana penting agar dapat menghadapi masa yang akan datang serta perubahan-perubahan yang akan terjadi. Alasan memilih membuka usaha peralatan olahraga adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum yang semakin banyak terutama dalam kebutuhan olahraga sepak bola dan futsal yang semakin marak di kalangan masyarakat. Pemilihan tempat untuk usaha ini juga sangat menentukan, karena jika pemilihan tempat tersebut tidak tepat atau sesuai maka tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Karena itu dalam memilih tempat yang strategis yaitu yang dekat dengan jangkauan konsumen. Karena banyaknya permintaan akan permintaan pakaian olah raga dilingkungan tempat saya tinggal. Maka saya memutuskan untuk membuka toko peralatan olahraga dilingkungan saya. Sehingga masyarakat di sekitar saya tidak perlu jauh jauh mencari peralatan ataupun perlengkapan olahraga lagi. Mempertimbangkan untuk masa yang akan datang usaha ini akan cukup menguntungkan karena permintaan akan peralatan ataupun perlengkapan olahraga akan selalu bertambah banyak, terkecualinya jika nantinya di daerah tempat toko peralatan saya akan ada toko peralatan olahraga lain yang menjadi saingan usaha saya sudah mempersiapkan hal tersebut yaitu dengan memberikan pelayanan yang lebih baik, harga yang bersaing serta tepat yang nyaman.
Sasaran yang ingin saya capai yaitu:
a. Sasaran laba : berupa hasil laba bersih.
b. Sasaran jasa : kualitas produk atau jasa yang mampu memberikan kepuasankepada konsumen.
c. Sasaran sosial : mampu memberikan lapangan pekerjaan kepada para penganggur.
Nama usaha yang akan didirikan dan dikembangkan bernama “Sam Sport Station”. nama ini diambil dari nama saya sendiri dan sport station yang berarti stasiun/pusat olahraga.
Nama Organisasi : SAM SPORT STATION
Jenis Organisasi : Perusahaan Dagang Peralatan Olahraga
Pemilik/owner : Samiaji
Jenis usaha yang direncanakan adalah sebagai Penyediaan alat – alat olahraga, seperti :
a. Jersey Sepak bola
b. Baju Olahraga
c. Perlengkapan Sepak bola
d. Perlengkapan Futsal
e. Perlengkapan Renang
f. Perlengkapan Badminton dan Tenis
g. Perlengkapan Basket
h. Sepatu Sepak bola dan Futsal
Struktur Organisasi
Struktur Pasar
Info Pesaing
Targeting dan Program pemasaran
• Targetting
Yang menjadi target market adalah pecinta olahraga, penduduk sekitar lingkungan usaha, dan semua kalangan masyarakat.
• Program Pemasaran :
a. Tingkat pelayanan
Dalam hal pelayanan toko kami memberikan pelayanan untuk kenyamanan pelangaan dalam memilih suatu barang.
b. Penetapan harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntunganyang relative sehingga dapat menjalankan usaha secara bertahap untuk meningkatkan pangsa pasar.c. Kegiatan promosi
Beberapa kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melalui promosi di media online, media massa cetak serta leaflet dan dari mouth to mouth advertising.
Rencana Pengembangan
a. Evaluasi lokasi Rencana lokasi operasioanal usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
– Lokasi berada di pusat keramaian atau dekat dengan kegiatan kegiatan olahraga
b. Sarana Prasarana Untuk menunjang kenyamanan para pelanggan kami memnyediakan sarana dan prasarana seperti berikut ini:
• WC• Cashire
• Fitting Room
• Gudang
• Tempat Parkir
• Kamar Mandi
• Ac
• Kaca
Sedangkan untuk prasarananya kami menggunakan gedung ruko seluas 7 x 15 = 105 m2
Keuangan
A. Modal Awal Rp. 45.800.000,00
Peralatan mengalami penyusutan selama lima tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp.30.000 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan pertahun= (Rp. 45.800.000 - Rp. 25.000) / 5 = Rp. 9.155.000,00 per tahun atau sama denganRp. 762.916,66 per bulan.
B. Proyeksi Pendapatan
Pendapatan perhari Rp. 2.500.000,00Pendapatan perbulan Rp. 75.000.000,00
C. Biaya-biaya:
Penyusutan peralatan Rp. 762.916,66Sewa tempat Rp. 10.000.000
Gaji Pegawai Security Rp. 5.000.000
Pegawai toko Rp. 11.000.000
Kasir Rp. 4.400.000
Listrik dan Telepon Rp. 2.000.000,00
_________________+
Jumlah Rp. 33.162.916,66
D. Perkiraan Laba/Rugi per bulan
Perhitungan laba/rugi yaitu dengan menghitung selisih dari pendapatan dengan pengeluaran.Laba/rugi = Pendapatan – Pengeluaran
= Rp. 75.000.000 – 33.162.916,66
= Rp. 41.837.084,66
EAT = Laba – (Laba x Pajak)
= Rp. 41.837.084,66 – (Rp. 41.837.084,66 x 20%)
= Rp. 41.837.084,66 – 8.367.416,932
= 33.469.667,73
Ekonomi Dan Sosial
A. Penyerapan Tenaga Kerja
Tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 9 orang yang terdiri dari 2 orang kasir, 5 orang pelayan toko,dan 2 orang keamanan. Dengan terserapnya tenaga kerja di toko kami akan membantu keluarga dari tenaga kerja toko kami.
B. Dampak terhadap Lingkungan Masyarakat
Toko kami cukup membantu warga sekitar karena pegawai toko kami berasal dari Lingkungan masyarakat sekitar toko yang dianggap mampu bekerja di toko kami.
Aspek Kerjasama
Perusahaan kami tidak hanya menjual brand-brand buatan perusahaan lain, tetapi kami juga akan membuat brand sendiri, maka dari itu perusahaan ini perlu kerjasama denga perusahaan – perusahaan yang lain. kerjasama perusahaan kami ingin memakai kerjasama yang bernama merger-horizontal
Merger horizontal adalah penggabungan satu atau beberapa perusahaan yang masing – masing kegiatan bisnis ( produksinya ) berbeda satu sama lain sehingga yang satu dengan yang lain nya merupakan kelanjutan dari masing – masing produk.
Sam sports station ingin membuka kerjasama dengan perusahaan desain dan perusahaan pembuat jersey, dimana nantinya kedua belah pihak sama sama berkerja sama. perusahaan desain merancang desainnya, lalu perusahaan pembuat jersey membuatnya, dan tahap terakhir Sam Sport Station yang menjual ke pasaran. Apabila di antara pembaca rencana bisnis ini ada yang tertarik untuk kerjasama dengan kami, bisa menghubungi kontak dibawah ini.
9 BLOCK OF BUSINESS MODEL CANVAS :
CUSTOMER SEGMENTS
Pelanggan dari Sam Sport Station sebenarnya ditujukan untuk range usia 5-40 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan untuk usia yang di atas itu. Pelanggan yang disasar juga adalah mereka yang senang berolahraga, tidak spesifik atlet namun bisa juga siswa, mahasiswa, karyawan yang berusaha menyempatkan dirinya untuk berolahraga untuk menjaga kebugaran fisik mereka. Pelanggan yang diinginkan adalah mereka yang terikat secara khusus dengan merk secara emosional sampai dengan pelanggan yang memilih produk atas dasar fungsional dari produk itu sendiri.
VALUE PROPOSITIONS
Sam Sport Station menyediakan beberapa jenis merk ternama di bidang olahraga seperti Umbro, Reebok, Puma, Adidas, Nike, Asics, Skechers dan beberapa brand lokal seperti Legas, Specs, dan Ortuseight.
Performance adalah kinerja produk yang ditawarkan sport addict. Pelanggan yang diincar adalah salah satunya pelanggan yang mementingkan aspek fungsional, oleh karenanya Sam Sport Station menonjolkan aspek ini.2. Price
merupakan hal yang mempengaruhi minat pelanggan, jika harga yang dijual terlalu mahal maka pelanggan akan berpindah ke tempat lain. Harga yang di tawarkan oleh Sam Sport Station disesuaikan dengan merk, kualitas produk, serta performanya. Sam Sport Station memiliki alternatif yang membuat pelanggan tidak akan berpindah yaitu dengan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan budget pelanggan. Selain itu, juga menyediakan diskon khusus bagi member dan promo-promo lainnya yang terkait dengan event-event olahraga. Sam Sport Station memberikan gratis ongkos kirim kepada pelanggan jika memesan lebih dari 3 item. Dengan ini Sam Sport Station membantu untuk mengurangi biaya pelanggan.
CHANNELS
Cara yang digunakan Sam Sport Station untuk menjangkau pelanggan dapat melalui saluran distribusi secara langsung yaitu dapat membeli secara langsung di gerai, melalui sosial media, web pembelian online seperti Tokopedia dan web yang dikembangkan Sam Sport Station sendiri. Awareness pada Sam Sport Station dapat dengan memberikan promosi seperti menyebarkan brosur di dekat gerai atau memberikan promosi melalui sosial media, dengan cara tersebut akan lebih menyadarkan pelanggan akan adanya Sam Sport Station.
Jangkauan pengiriman yang dilakukan oleh Sam Sport Station adalah seluruh Indonesia. Hanya untuk sekitar gerai diberikan bebas ongkos kirim serta promo untuk pembelian lebih dari 3 item dikenakan bebas ongkos kirim. Sam Sport Station memiliki layanan after sales yang diberikan kepada pelanggan, agar dapat tercipta kedekatan dengan pelanggan. After sales yang di berikan kepada pelanggan setelah melakukan pembelian yaitu dengan memberikan kartu ucapan terima kasih, kartu member dan kartu ucapan selamat ulang tahun.
CUSTOMER RELATIONSHIPS
Hubungan antara pelanggan dan karyawan harus terjalin dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan yang terbentuk yaitu hubungan personal assistance. Personal assistance adalah hubungan yang berdasarkan pada interaksi antara pelanggan dan karyawan perusahaan yang melayani. Pelanggan yang ingin membeli di gerai Sam Sport Station ada yang melayani yaitu bagian kasir dan sales. Tetapi, pelanggan juga bisa memilih sendiri produk yang diingikan, dengan langsung mengambil produk yang diinginkan dan membawa langsung ke kasir. Tetapi jika ada pelanggan yang memiliki kesulitan dalam memilih produk maka sales tersebut bisa membantunya. Respon yang diberikan kepada pelanggan harus cepat sehingga karyawan harus bersikap responsif. Terutama untuk pembelian online, harus direspon kurang dari 24 jam
Pelanggan dapat memberikan kritik dan saran untuk produk-produk yang ditawarkan oleh Sam Sport Station. Dengan adanya kritik dan saran yang diberikan, Sam Sport Station bisa mengevaluasi apakah cara-cara yang selama ini mereka gunakan sudah benar atau tidak. Tentunya kritik dan saran tersebut bisa membantu Sam Sport Station untuk lebih berkembang lagi dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.
REVENUE STREAMS
Aliran pendapatan yang dimiliki oleh Sam Sport Station yaitu pendapatan transaksi (transaction revenues), yaitu pendapatan yang di hasilkan dari pelanggan dengan satu kali pembayaran. Untuk aliran pendapatan yang berupa pendapatan yang berulang (recurring revenues) juga dimiliki oleh Sam Sport Station.
Aliran pendapatan yang dihasilkan oleh Sam Sport Station diperoleh dari hasil penjualan produk saja. Walaupun ke depan, Sam Sport Station akan melakukan kampanye hidup sehat di sosial media melalui VLOG dan BLOG namun saat ini belum bisa terealisasi. Seperti yang diketahui dengan memiliki akun di Youtube atau Instagram dapat juga mendapat sumber pendapatan lainnya. Penjualan dari produk berupa produk pakaian dan perlengkapan olahraga.
KEY RESOURCES
Sumber daya fisik yang dimiliki Sam Sport Station yaitu tanah dan gedung dari Sam Sport Station, mobil dan motor untuk alat transportasi taktis, mesin kasir, rak display, separangkat sistem komputer dan pelengkapan lainnya untuk membuka gerai fisik. Sedangkan untuk produk lokal, HeatUp, masih menggunakan sistem OEM.
Sumber daya manusia yang ada di Sam Sport Station yaitu bagian marketing, kasir, sales, desainer dan administrasi. Bagian marketing yaitu yang bertanggung jawab dalam menciptakan strategi promosi, bagian kasir yang mengelola keuangan dari pelanggan yang membeli, bagian sales yaitu yang melakukan aktivitas penjualan dan mengelola pelanggan, bagian desainer merancang produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan bagian adminstrasi yang mengurus administrasi Sam Sport Station. Modal yang dibutuhkan untuk mendirikan gerai Sam Sport Station tidak sedikit. Modal bersumber dari dana pribadi dan pinjaman dari Bank.
KEY ACTIVITIES
Aktivitas utama yang dilakukan oleh Sam Sport Station adalah marketing, penjualan dan mengelola pelanggan. Dengan menciptakan promosi membagikan brosur di sekitar gerai, kemudian beriklan di web sendiri dan di marketplace Tokopedia, menciptakan promo-promo untuk pelanggan baik promo member, non member dengan bentuk diskon langsung, maupun bebas ongkos kirim. Selain itu, adapun untuk produk OEM menjalin kerjasama dengan supplier untuk membuat produk yang sesuai dengan desain permintaan dari Sam Sport Station.
KEY PARTNERS
Sam Sport Station memiliki kerja sama dengan supplier yang dibutuhkan. Baik supplier merk-merk yang sudah ada maupun dengan supplier produksi lokal. Selain itu, kerjasama juga dilakukan dengan Bank Mandiri, untuk pembiayaan sebagian modal dan untuk sistem pembayaran dengan kredit maupun debit. Selain itu, Sam Sport Station juga bekerjasama dengan Tokopedia untuk gerai online. Sehingga Sam Sport Station dapat dijangkau oleh seluruh Indonesia. Karena untuk menjangkau seluruh Indonesia, Sam Sport Station berpartner juga dengan TIKI dan JNE untuk pengirimannya. Sedangkan untuk di daerah sekitar gerai, bekerjasama dengan Gojek untuk mengantarkan pesanan produk.
COST STRUCTURES
Fokus struktur biaya Sam Sport Station lebih pada value driven. Value driven lebih memfokuskan pada upaya perusahaan sebisa mungkin menangkap kebutuhan pelanggan dan memenuhi sesuai harapan pelanggan. Dengan begitu, aktivitas pemasaran akan semakin gencar dan kemungkinan pengeluaran pun akan cukup besar. Biaya-biaya yang dikeluarkan dapat dilihat dari biaya tetap dan biaya variabel. Untuk biaya tetap Sam Sport Station mengeluarkan untuk biaya sewa gedung, biaya telepon, biaya internet, biaya gaji karyawan setiap bulannya, lalu biaya air, listrik. Untuk biaya variabel yaitu biaya yang tidak menentu dikeluarkan oleh Sam Sport Station, seperti biaya iklan di sosial media, web, biaya listing di Tokopedia, endorser, promosi-promosi yang lain, dan biaya bahan bakar transportasi.