CONSUMER INSIGHT

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

(Assalamu 'alaikum wr. wb.)



Artikel ini akan membahas tentang

''Consumer Insight''



Apa itu Insight?

Menurut Cambridge Dictionary, pengertian insight adalah suatu pemahaman mendalam terkait suatu hal dan selalu muncul, yang kemudian dijadikan sebagai tujuan atau acuan utama, sehingga sangat dipercaya.

 



Pengertian Consumer insight

Consumer insight adalah sebuah cara atau tahap dalam mencari tahu secara lebih mendetail tentang latar belakang perbuatan, pemikiran dan perilaku seorang konsumen yang berhubungan dengan produk dan komunikasi iklannya.

Consumer insight adalah sesuatu yang digunakan untuk menguji hasil kreativitas dalam mengembangkan produk dan atau layanan, dilakukan tanpa upaya untuk menyesuaikan hasil sebuah karya, dengan maksud supaya mendekati apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Sehingga, dalam hal ini consumer insight adalah hal yang hanya digunakan untuk membuat atau Menyusun strategi dalam pemasaran serta komunikasi iklan atas suatu produk, baik barang maupun layanan jasa yang telah dikembangkan oleh sebuah perusahaan.

Consumer insight juga dimanfaatkan untuk mendapatkan data statistic existing consumer yang nantinya akan berfungsi mengenali segmen konsumen pengguna produk yang dipasarkan oleh perusahaan Anda.



Adapun 3 Kata Kunci Terminologi Kebutuhan Pasar :


1. Relevant

Artinya dari lingkungan dengan perubahan tren dari jaman ke jaman yang relevan saat ini. Dari sudut pandang hukum persaingan, lazimnya analisis berangkat dari apa yang disebut dengan pasar bersangkutan, karena analisis hanya dapat dilakukan dalam suatu pasar yang tertentu. Praktisnya, dari sini akan dapat dikenali siapa yang menjadi pesaing, seberapa kekuatan pasar baik pelaku usaha yang dipersoalkan maupun pesaingnya, adakah hambatan masuk ke pasar, jika ada, apakah hambatan tersebut ditimbulkan oleh regulasi, struktur pasar, perbuatan pelaku usaha, ataukah sebab lainnya.


2. Appealing

Membangkitkan emosional dari sisi positif, emosional positif itu functional value, emotional value dan symbolic value. Menemukan pasar sasaran Anda akan mengharuskan Anda untuk jeli dan melakukan banyak penelitian. Ini mungkin tampak menakutkan, tetapi ini perlu jika Anda ingin memahami jenis pelanggan apa yang perlu Anda jangkau. Langkah-langkah yang tercantum di atas sederhana, tetapi sangat efektif jika dilakukan dengan benar. Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan mengembangkan hubungan yang kuat dengan pelanggan atau klien Anda, Anda pasti dapat membawa bisnis Anda ke level selanjutnya.



3. Suitable

Emphati terhadap kapasitas konsumen kita harus memahami kapabilitas konsumen kita bisa lihat dari lifestylenya, demographic, socialgraphic, financial dan belief. 

 


Strategi Market Insight 


1. Qualitative Research

Penelitian kualitatif didefinisikan sebagai metode penelitian pasar yang berfokus pada perolehan data melalui komunikasi terbuka dan percakapan. Metode ini tidak hanya tentang "apa" yang dipikirkan orang tetapi juga "mengapa" mereka berpikir demikian. Misalnya, pertimbangkan toko serba ada yang ingin meningkatkan perlindungannya. Pengamatan sistematis menyimpulkan bahwa jumlah pria yang mengunjungi toko ini lebih banyak. Salah satu metode yang baik untuk menentukan mengapa wanita tidak mengunjungi toko adalah dengan melakukan wawancara mendalam terhadap pelanggan potensial dalam kategori tersebut.




2. Quantitative Research

Penelitian kuantitatif didefinisikan sebagai penyelidikan sistematis atas fenomena dengan mengumpulkan data kuantitatif dan melakukan teknik statistik, matematika, atau komputasi. Riset kuantitatif mengumpulkan informasi dari pelanggan yang ada dan pelanggan potensial dengan menggunakan metode sampling dan mengirimkan survei online, polling online, kuesioner, dll., Yang hasilnya dapat digambarkan dalam bentuk numerik. Setelah memahami angka-angka ini dengan cermat untuk memprediksi masa depan suatu produk atau layanan dan membuat perubahan yang sesuai.



3. Sosial Media Listening / Monitoring

Tren akan memberikan keuntungan bagi brand untuk lebih mudah terhubung dengan para target audiensnya. Karena konten yang disajikan bukan sekadar latah atau pamer konten, tapi memang relevan dan lebih jauh lagi, berpotensi menarik audiens untuk mau melakukan aksi yang diharapkan; seperti misalnya, membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.

 


Konsep Dalam Consumer insight

Dalam dunia usaha, consumer insight adalah suatu konsep dan pedoman yang digunakan dalam Menyusun strategi pemasaran serta periklanan untuk layanan produk. Dalam consumer insight ada 5 komponen dasar di dalamnya yang wajib diketahui oleh pengusaha agar dapat menentukan tindakan yang tepat dilakukan kepada konsumen. Berikut daftarnya;

1. Pengumpulan Data

Komponen pertama dalam konsep consumer insight adalah pengumpulan data, yang merupakan kompenen terpenting dalam proses ini. Pengumpulan data yang dimaksud ialah data yang berisi berbagai keinginan pelanggan atau konsumen akan produk yang Anda tawarkan. Setiap pelaku usaha harus melakukan pendataan keinginan konsumen agar terjalin komunikasi yang baik dengan konsumen serta mengetahui wawasan konsumen.


2. Analisis Data

Komponen berikutnya dalam consumer insight adalah analisis data. Data yang dianalisis dalam hal ini ialah data keinginan konsumen yang sebelumnya telah dikumpulkan dari proses sebelumnya. Data-data tersebut kemudian dianalisis menjadi sedemikian rupa sesuai kebutuhan perusahaan. Analisis data yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk mengetahui apa yang paling dibutuhkan oleh konsumen, dengan begitu perusahaan akan lebih mudah mengambil langkah yang tepat.


3. Optimalisasi

Proses selanjutnya dalam consumer insight adalah optimalisasi data sebelumnya yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada perusahaan, terkait tindakan yang akan diambil. Tindakan atau keputusan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan serta kebutuhan konsumen.

Optimalisasi dapat dikatakan sebagai langkah pertama yang dilakukan perusahaan dalam mewujudkan consumer insight itu sendiri.


4. Manajemen Kampanye

Komponen ke empat ialah manajemen kampanye, komponen satu ini adalah sesuatu yang berkaitan dengan proses dalam promosi atau periklanan. Sehingga proses ini dikatakan sebagai media promosi suatu perusahaan demi memenuhi kebutuan konsumen.

Kampanye atau promosi yang dilakukan harus berisi berbagai hal yang terkait dengan consumer insight dalam produk yang ditawarkan perusahaan.


5. Personalisasi

Personalisasi adalah komponen terakhir dalam konsep consumer insight. Setelah seluruh rangkaian dalam proses sebelumnya dilakukan, maka proses terakhir adalah personalisasi yang merupakan proses memodifikasi, membuat sesuatu yang akan mejadi ciri bagi sebuah perusahaan.

Ini berarti, perusahaan harus mampu menciptakan produk yang sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen namun dengan tidak meninggalkan identitas atau keunikan dirinya.

 


Kesimpulan

Bahwa insight itu sebuah pemahaman yang sangat mendalam tentang sesuatu, yang selalu muncul yang dijadikan tujuan/acuan seseorang. Insight ini juga sangat penting bagi aktivitas komunikasi pemasaran intinya lebih melihat kebutuhan dari masyarakat yang tidak cuma disesuaikan dengan apa yang mereka butuhkan tapi juga meninjau pada apa yang mereka pikirkan. Insight lebih diterapkan untuk sebuah proses komunikasi pemasaran, mulai dari perencanaan, analisa, sampai akhirnya komunikasi pemasaran tersebut bisa diterima dimasyarakat. Costumer Insight bukan hanya membeli, bahkan mencari dalam kondisi apapun yang akhirnya menjadi loyal customer karena merasa apapun yang dibutuhkan semua ada di produk tersebut, jika loyal customer sudah terjaring dalam jumlah yang banyak maka penjualan pun akan meningkat dan profit perusahaan pasti naik.


Sekian dan Terimakasih.



وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

(Wassalamu 'alaikum wr. wb.)

Postingan populer dari blog ini

KEMITRAAN USAHA/BISNIS