CONSUMER INSIGHT
Apa itu Insight?
Menurut Cambridge Dictionary, pengertian insight adalah suatu
pemahaman mendalam terkait suatu hal dan selalu muncul, yang kemudian dijadikan
sebagai tujuan atau acuan utama, sehingga sangat dipercaya.
Consumer insight adalah sebuah cara atau tahap
dalam mencari tahu secara lebih mendetail tentang latar belakang perbuatan,
pemikiran dan perilaku seorang konsumen yang berhubungan dengan produk dan
komunikasi iklannya.
Consumer insight adalah sesuatu yang digunakan
untuk menguji hasil kreativitas dalam mengembangkan produk dan atau layanan,
dilakukan tanpa upaya untuk menyesuaikan hasil sebuah karya, dengan maksud
supaya mendekati apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
Sehingga, dalam hal ini consumer insight adalah
hal yang hanya digunakan untuk membuat atau Menyusun strategi dalam pemasaran
serta komunikasi iklan atas suatu produk, baik barang maupun layanan jasa yang
telah dikembangkan oleh sebuah perusahaan.
Consumer insight juga dimanfaatkan untuk mendapatkan data statistic existing consumer yang nantinya akan berfungsi mengenali segmen konsumen pengguna produk yang dipasarkan oleh perusahaan Anda.
1. Relevant
Artinya dari lingkungan dengan perubahan tren dari jaman ke jaman yang relevan saat ini. Dari sudut pandang hukum persaingan, lazimnya analisis berangkat dari apa yang disebut dengan pasar bersangkutan, karena analisis hanya dapat dilakukan dalam suatu pasar yang tertentu. Praktisnya, dari sini akan dapat dikenali siapa yang menjadi pesaing, seberapa kekuatan pasar baik pelaku usaha yang dipersoalkan maupun pesaingnya, adakah hambatan masuk ke pasar, jika ada, apakah hambatan tersebut ditimbulkan oleh regulasi, struktur pasar, perbuatan pelaku usaha, ataukah sebab lainnya.
Membangkitkan emosional dari sisi positif, emosional positif
itu functional value, emotional value dan symbolic value. Menemukan pasar
sasaran Anda akan mengharuskan Anda untuk jeli dan melakukan banyak penelitian.
Ini mungkin tampak menakutkan, tetapi ini perlu jika Anda ingin memahami jenis
pelanggan apa yang perlu Anda jangkau. Langkah-langkah yang tercantum di atas
sederhana, tetapi sangat efektif jika dilakukan dengan benar. Dengan mengikuti
langkah-langkah ini dan mengembangkan hubungan yang kuat dengan pelanggan atau
klien Anda, Anda pasti dapat membawa bisnis Anda ke level selanjutnya.
Emphati terhadap kapasitas konsumen kita harus memahami
kapabilitas konsumen kita bisa lihat dari lifestylenya, demographic,
socialgraphic, financial dan belief.
Strategi Market Insight
1. Qualitative Research
Penelitian kualitatif didefinisikan sebagai metode penelitian pasar yang berfokus pada perolehan data melalui komunikasi terbuka dan percakapan. Metode ini tidak hanya tentang "apa" yang dipikirkan orang tetapi juga "mengapa" mereka berpikir demikian. Misalnya, pertimbangkan toko serba ada yang ingin meningkatkan perlindungannya. Pengamatan sistematis menyimpulkan bahwa jumlah pria yang mengunjungi toko ini lebih banyak. Salah satu metode yang baik untuk menentukan mengapa wanita tidak mengunjungi toko adalah dengan melakukan wawancara mendalam terhadap pelanggan potensial dalam kategori tersebut.
2. Quantitative Research
Penelitian kuantitatif didefinisikan sebagai penyelidikan sistematis atas fenomena dengan mengumpulkan data kuantitatif dan melakukan teknik statistik, matematika, atau komputasi. Riset kuantitatif mengumpulkan informasi dari pelanggan yang ada dan pelanggan potensial dengan menggunakan metode sampling dan mengirimkan survei online, polling online, kuesioner, dll., Yang hasilnya dapat digambarkan dalam bentuk numerik. Setelah memahami angka-angka ini dengan cermat untuk memprediksi masa depan suatu produk atau layanan dan membuat perubahan yang sesuai.
3. Sosial Media Listening / Monitoring
Tren akan memberikan keuntungan bagi brand untuk
lebih mudah terhubung dengan para target audiensnya. Karena konten yang
disajikan bukan sekadar latah atau pamer konten, tapi memang relevan dan lebih
jauh lagi, berpotensi menarik audiens untuk mau melakukan aksi yang diharapkan;
seperti misalnya, membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.
Konsep Dalam Consumer insight
Dalam dunia usaha, consumer insight adalah suatu konsep dan
pedoman yang digunakan dalam Menyusun strategi pemasaran serta periklanan untuk
layanan produk. Dalam consumer insight ada 5 komponen dasar di dalamnya yang wajib diketahui oleh pengusaha
agar dapat menentukan tindakan yang tepat dilakukan kepada konsumen. Berikut
daftarnya;
1. Pengumpulan Data
Komponen pertama dalam konsep consumer insight adalah pengumpulan data, yang merupakan kompenen terpenting dalam proses ini. Pengumpulan data yang dimaksud ialah data yang berisi berbagai keinginan pelanggan atau konsumen akan produk yang Anda tawarkan. Setiap pelaku usaha harus melakukan pendataan keinginan konsumen agar terjalin komunikasi yang baik dengan konsumen serta mengetahui wawasan konsumen.
2. Analisis Data
Komponen berikutnya dalam consumer insight adalah
analisis data. Data yang dianalisis dalam hal ini ialah data keinginan konsumen
yang sebelumnya telah dikumpulkan dari proses sebelumnya. Data-data tersebut
kemudian dianalisis menjadi sedemikian rupa sesuai kebutuhan perusahaan.
Analisis data yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk mengetahui apa yang
paling dibutuhkan oleh konsumen, dengan begitu perusahaan akan lebih mudah
mengambil langkah yang tepat.
3. Optimalisasi
Proses selanjutnya dalam consumer insight adalah
optimalisasi data sebelumnya yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepada
perusahaan, terkait tindakan yang akan diambil. Tindakan atau keputusan ini
bertujuan untuk memenuhi kebutuhan serta kebutuhan konsumen.
Optimalisasi dapat dikatakan sebagai langkah pertama yang
dilakukan perusahaan dalam mewujudkan consumer insight itu
sendiri.
4. Manajemen Kampanye
Komponen ke empat ialah manajemen kampanye, komponen satu
ini adalah sesuatu yang berkaitan dengan proses dalam promosi atau periklanan.
Sehingga proses ini dikatakan sebagai media promosi suatu perusahaan demi
memenuhi kebutuan konsumen.
Kampanye atau promosi yang dilakukan harus berisi berbagai
hal yang terkait dengan consumer insight dalam produk yang
ditawarkan perusahaan.
5. Personalisasi
Personalisasi adalah komponen terakhir dalam konsep consumer
insight. Setelah seluruh rangkaian dalam proses sebelumnya dilakukan, maka
proses terakhir adalah personalisasi yang merupakan proses memodifikasi,
membuat sesuatu yang akan mejadi ciri bagi sebuah perusahaan.
Ini berarti, perusahaan harus mampu menciptakan produk yang
sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen namun dengan tidak
meninggalkan identitas atau keunikan dirinya.
Kesimpulan
Bahwa insight itu sebuah pemahaman yang sangat mendalam tentang sesuatu, yang selalu muncul yang dijadikan tujuan/acuan seseorang. Insight ini juga sangat penting bagi aktivitas komunikasi pemasaran intinya lebih melihat kebutuhan dari masyarakat yang tidak cuma disesuaikan dengan apa yang mereka butuhkan tapi juga meninjau pada apa yang mereka pikirkan. Insight lebih diterapkan untuk sebuah proses komunikasi pemasaran, mulai dari perencanaan, analisa, sampai akhirnya komunikasi pemasaran tersebut bisa diterima dimasyarakat. Costumer Insight bukan hanya membeli, bahkan mencari dalam kondisi apapun yang akhirnya menjadi loyal customer karena merasa apapun yang dibutuhkan semua ada di produk tersebut, jika loyal customer sudah terjaring dalam jumlah yang banyak maka penjualan pun akan meningkat dan profit perusahaan pasti naik.
Sekian dan Terimakasih.