Digital Marketing
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
(Assalamu 'alaikum wr. wb.)
Artikel kali ini akan membahas tentang
"Digital Marketing"
Digital marketing adalah proses mempromosikan bisnis Anda secara online. Ada puluhan strategi berbeda yang dapat menjadi bagian dari proses ini. Semua strategi ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran merek dan secara konsisten mengembangkan bisnis Anda seiring waktu. Digital marketing mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti search engine, email, media sosial, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.
Digital marketing merupakan istilah umum yang digunakan untuk mencakup berbagai taktik yang dapat Anda gunakan untuk menarik pelanggan Anda dan membuat mereka membeli produk atau layanan Anda. Anda dapat memasarkan ke pelanggan potensial secara online melalui media sosial, situs web Anda, iklan atau bahkan kombinasi ketiganya. Tetapi Anda tidak harus melakukan semuanya sendiri. Anda dapat menyewa perusahaan pemasaran digital yang menawarkan layanan pemasaran digital seperti SEO, manajemen media sosial, dan desain web. Seperti kebanyakan hal di dunia bisnis, jika Anda tidak memiliki strategi digital marketing, mungkin sulit untuk menentukan apakah Anda menghabiskan waktu (dan uang) untuk jenis kegiatan pemasaran yang tepat.
Meninjau berbagai contoh strategi dan taktik marketing juga dapat membantu Anda menentukan dengan lebih baik jenis marketing apa yang cocok untuk bisnis Anda. Ketika Anda tahu jenis pemasaran mana yang paling menguntungkan, maka Anda dapat bekerja untuk menghabiskan waktu dan sumber daya pada kegiatan yang akan memberikan pengembalian investasi terbaik untuk bisnis. Tapi pertama-tama, Anda harus tahu apa strategi pemasaran digital dan apa yang berkembang menjadi strategi terbaik agar bisnis semakin berkembang.
Digital Marketing atau Pemasaran secara digital bisa didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online. Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran Anda, seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dsb). Dari beberapa akses itulah mereka akan berkomunikasi kepada Anda. Di dunia digital marketing Anda bisa membuat agar calon customer tertarik pada penawaran Anda. Anda bisa membuat iklan, email marketing, brosur online, dan banyak lagi.
STRATEGI DIGITAL MARKETING
Digital marketers (pemasar digital) terbaik adalah yang memiliki gambaran jelas tentang bagaimana setiap kampanye digital marketing yang dia miliki mendukung tujuan penawarannya. Bergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, digital marketer dapat membuat kampanye yang lebih besar melalui media gratis ataupun berbayar yang dia miliki. Misalnya, seorang content marketer (pembuat konten) biasanya dapat membuat serangkaian postingan blog yang berfungsi untuk mengajak. Social media marketer (pengelola sosial media) berfungsi membantu mempromosikan postingan blog melalui pos berbayar dan organik (tidak berbayar) di akun media sosial. Tugas email marketer adalah membuat email campaign untuk dikirimkan kepada calon customer agar tertarik dengan penawaran yang ditawarkan.
1. Blogging
Salah satu contoh strategi pemasaran terbaik yang bekerja untuk hampir semua bisnis adalah blogging. Blogging melibatkan penulisan dan penerbitan konten online pada topik yang relevan dengan bisnis Anda. Blogging membantu bisnis menghasilkan lebih banyak prospek. Karena meningkatkan visibilitas secara online sambil juga memberikan informasi berkualitas yang membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas. Blogging adalah taktik pemasaran yang sangat penting untuk optimasi mesin pencari (SEO). Semakin banyak konten yang relevan dan berkualitas yang Anda miliki di situs web Anda, semakin banyak halaman yang dapat diindeks oleh mesin pencari seperti Google.
2. Sosial media marketing
Sosial media marketing adalah salah satu contoh strategi pemasaran terbaik untuk semua ukuran bisnis. Banyak konsumen menggunakan saluran media sosial setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, update perkembangan yang terjadi di dunia, atau bahkan mendapatkan tawaran pekerjaan. Jika bisnis Anda tidak eksis di media sosial, Anda tentu akan kehilangan peluang kuat untuk menjangkau pelanggan potensial.
Agar akun bisnis Anda semakin optimal, Anda bisa menggunakan tools pengelola sosial media yang saat ini banyak beredar. Misalnya, seperti Hootsuite untuk mengatur jadwal konten harian, hingga aplikasi Instasize yang sangat bermanfaat untuk mengedit konten agar lebih astetik ketika tampil di Instagram.
3. Email marketing (MailToGo)
Email marketing adalah cara yang efektif untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan Anda di mana pun mereka berada. Tidak hanya sebagian besar konsumen memiliki alamat email, tetapi banyak juga yang benar-benar menikmati mendengar dari bisnis melalui konten email. Tapi jangan terjebak dalam perangkap membeli hanya untuk menumbuhkan daftar email Anda.
Ya, itu mungkin terdengar seperti jalan pintas yang baik dalam mengumpulkan arahan tetapi jarang dan hampir tidak berhasil. Ada kemungkinan besar bahwa orang-orang ini tidak akan peduli membuka pesan email Anda karena mereka tidak mendaftar untuk itu. Atau lebih buruk lagi, Anda bisa berada dalam masalah besar jika orang-orang di daftar email yang Anda beli tinggal di Eropa karena Anda melanggar hukum Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR).
Jadi, begitu Anda memiliki daftar kontak email dan Anda mendapat izin untuk menghubungi mereka, Anda dapat mengirimkan berbagai jenis konten yang berbeda dari penawaran promosi hingga buletin informatif.. Salah satu cara paling mudah dan efektif untuk mengirimkan email marketing yakni dengan memanfaatkan layanan MailToGo.
4. Pay-Per-Click Ads
Pay-per-click atau PPC adalah contoh hebat lain dari taktik pemasaran yang dapat membantu bisnis Anda meningkatkan visibilitas online. Iklan PPC adalah iklan yang muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari. Saat Anda membuat iklan ini melalui Iklan Google, Anda menawar kata kunci tertentu yang relevan dengan konten Anda. Ketika seorang konsumen mencari kata kunci ini di Google, mereka akan melihat iklan Anda di bagian atas halaman.
MANFAAT DIGITAL MARKETING
Berikut beberapa contoh manfaat digital marketing yang bisa membantu bisnis yang kamu miliki:
1. Menjangkau pasar secara online
Internet saat ini tengah menjadi andalan bagi para konsumen untuk menemukan produk yang dicari. Dengan banyaknya pengguna internet tentu memberi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk kepada publik. Internet memungkinkan bisnis kamu dapat terhubung dengan konsumen secara cepat dan luas.
Sebagian besar konsumen kini lebih memilih internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang dicari. Ketika konsumen mengenal produk dan jasa yang kamu miliki, besar kemungkinan mereka bisa membeli atau berkonsultasi secara langsung melalui gadgetnya ketimbang harus datang ke tempat yang berpotensi membuatnya menjadi ragu.
2. Mudah menemukan konsumen sesuai dengan target yang direncanakan
Melalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dengan mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik.
Dengan digital marketing pula kamu dapat melayani semua pelanggan tanpa secara langsung sehingga jauh lebih efisien. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini tentu akan membuang waktu lebih banyak. Dengan ranah digital, kamu bisa memberikan pelayanan kapanpun dan di manapun secara real-time dan jauh lebih efisien.
3. Menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis
Baik perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing. Kanal yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun. Dengan begitu, bisnis yang kamu miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama.
4. Meningkatkan profit bisnis yang dijalankan
Salah satu faktor berkembang pesatnya bisnis digital saat ini adalah fitur transaksi berbasis online. Karena kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik perhatian banyak konsumen terhadap produk tertentu. Bahkan ketika bisnis yang kamu jalankan masih dalam tahap perkembangan, sangat memungkinkan digital marketing membuat produk kamu banyak dicari dan dibeli oleh konsumen. Tentu saja, itu akan membuat bisnis mu mendapatkan lebih banyak profit jika dibandingkan pemasaran offline.
5. Memudahkan dalam melakukan evaluasi
Internet merupakan akses terbuka dimana bisnis kamu dapat terhubung oleh berbagai portal secara online. Ketika sebuah bisnis ditampilkan bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu saja kamu bisa melihat kelebihan dan kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begini juga bisa melihat kekuatan dan kelemahan untuk selanjutnya dapat menjadi bahan evaluasi ke depannya. Apakah ada fitur atau layanan yang harus di perbaiki, strategi pemasaran yang seperti apa dan lain sebagainya.
6. Membuat bisnis terlihat lebih profesional
Di era digital seperti sekarang ini, bisnis yang tidak terlihat di portal internet tentu akan dicap sebagai bisnis yang tertinggal. Tidak hanya menyulitkan produk untuk dijangkau konsumen, melainkan bisnismu seolah-olah tidak memiliki kredibilitas yang cukup baik di mata konsumen maupun pelanggan. Maka digital marketing sangat penting untuk menjadikan bisnis yang dimiliki terlihat lebih profesional. Beberapa manfaat diatas bisa kamu dapatkan ketika bisnis yang sedang kamu jalankan saat ini menggunakan digital marketing sebagai media pemasaran yang akan membuat bisnismu berkembang jauh lebih professional.
KEUNGGULAN DIGITAL MARKETING
Pandemi Covid-19 banyak mengubah perilaku masyarakat. Mulai dari belajar secara online di rumah, bekerja secara virtual menggunakan berbagai aplikasi, hingga berbelanja secara online. Kondisi ini sebenarnya menantang perusahaan untuk juga mulai mengubah cara berbisnis. Jika Anda saat ini masih menggunakan cara-cara jualan tradisional, kini saatnya mulai belajar dan beralih secara online ke digital marketing. Atau jika sebelumnya Anda masih menggunakan dua cara yaitu online dan offline, maka saat inilah waktu yang tepat mengalihkan seluruh strategi dan bujet pemasaran Anda ke digital marketing. Dari dari Forbes menunjukkan, 82% konsumen di dunia saat ini melakukan riset online. Dan, Tech Crunch melaporkan 79% orang perkotaan sudah pernah berbelanja secara online.
Berikut beberapa keunggulan digital marketing:
1. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen
Digital Marketing bisa memperluas target konsumen yang selama ini tidak terjangkau selama melakukan penjualan offline. Dengan strategi dan target yang spesifik, Anda kini bisa menjangkau para calon pembeli baru dari berbagai kalangan dan wilayah sesuai target yang dipilih. Banyak platform yang bisa digunakan dalam melakukan penjualan online, mulai dari media sosial, marketplace, website, dan google shop. Dari semua platform yang digunakan, ada banyak fitur yang bisa membantu Anda menetapkan kampanye iklan Anda secara tepat.
2. Mendongkrak Penjualan Secara Cepat
Melalui strategi digital marketing yang tepat, beberapa perusahaan mampu meningkatkan penjualannya hingga tiga kali lipat. Anda juga bisa menambah daftar calon prospek atau calon konsumen (lead) dari kampanye yang dilakukan melalui media digital. Kami berpengalaman membantu salah satu produsen suplemen kesehatan di Jakarta, dan dalam waktu tiga bulan berhasil meningkatkan kunjungan ke marketplace hingga lima kali lipat, dengan tingkat konversi 25%.
3. Lebih Terukur
Dalam iklan tradisional melalui surat kabar atau majalah, produsen sulit mengukur keberhasilan sebuah kampanye. Inilah kelebihan digital, semuanya serba terukur. Setiap strategi yang digunakan bisa diukur dan dipantau secara langsung efektivitasnya. Analitik pemasaran digital membuat perkiraan untuk menentukan target pemasaran Anda benar-benar berfungsi. Dengan mengukur kampanye pemasaran digital Anda secara waktu nyata, Anda dapat melihat strategi mana yang berfungsi dan mana yang tidak. Kemudian, Anda dapat menyesuaikan kampanye Anda untuk kesuksesan yang lebih besar. Anda juga dapat mengambil wawasan yang Anda peroleh dari proses untuk meningkatkan kampanye di masa mendatang.
4. Menentukan Pembeli Ideal
Misal, Anda pengusaha sepatu sneaker lokal di Bandung, dan berencana memperluas jangkauan Anda ke Jawa Tengah. Kemudian Anda bisa menentukan kampanye dan sasaran berdasarkan karakteristik dan sasaran seperti: rentang usia 15-30 tahun, berdasarkan hobi, dan berdasarkan lokasi yang banyak ditempati usia muda. Dengan pemasaran digital, Anda dapat memastikan bahwa konsumen yang tepat melihat konten Anda. SEO memungkinkan Anda menjangkau konsumen yang mencari web untuk konten dan topik yang relevan dengan bisnis Anda. Sementara bayar per klik, tampilan, dan iklan media sosial memungkinkan Anda menargetkan mereka yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda berdasarkan informasi demografis dan karakteristik umum.
5. Lebih Hemat
Gartnet, sebuah platform digital marketing, melaporkan yang menunjukkan bagaimana para pengusaha kecil kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital. Contohnya saja, sebanyak 40% dari mereka melaporkan adanya efisiensi biaya yang ada pada usaha mereka. Usaha kecil yang dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak hanya menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha.
6. Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone)
Pemasaran digital membawa Anda memasuki area pasar raksasa, di mana kegiatan pemasaran digital melalui perangkat mobile menghasilkan hingga 34% dari keseluruhan trafik organic. Data dari Hootsuite, perusahaan analisis media sosial dari Kanada, menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 171 juta orang, dan 98% mengakses melalui handpone atau telepon genggamnya. Pasar yang sangat potensial bukan?
7. Membantu Bersaing dengan Perusahaan Besar
Banyak merek dan usaha saat ini saling bersaing dengan campaign digital marketing mereka. Para pengusaha menggunakan bermacam-macam saluran termasuk display, iklan video, pengguna media sosial, hingga pencairan di google. Salah satu manfaat digital marketing yang tepat juga memungkinkan perusahaan kelas skala kecil dan menangah untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar. Kuncinya adalah strategi dan takik kampanye yang tepat bahkan dengan menggunakan berbagai kata kunci di pencarian termasuk yang digunakan pesaing Anda.
Mesin pencari google atau search engine optimization (SEO) dan SEO lokal membantu Anda menjangkau pembeli yang lebih berkualitas secara online. SEO adalah taktik pemasaran digital kuat lainnya yang menawarkan berbagai manfaat. Dengan mengoptimalkan konten situs Anda untuk mesin pencari, Anda dapat bekerja untuk menjangkau lebih banyak pembeli online. Menggunakan kata kunci yang relevan yang membantu menjelaskan penawaran produk atau layanan Anda dapat membantu Anda membawa lebih banyak lalu lintas bertarget ke situs Anda, yang meningkatkan konversi seiring waktu.
SEO tidak hanya untuk bisnis nasional. Banyak konsumen mencari perusahaan lokal secara online, dan pencarian ini pada akhirnya mengarah pada pembelian. Bahkan, menurut Google, 28% dari pencarian untuk sesuatu di dekatnya menghasilkan pembelian. SEO lokal, atau mengoptimalkan situs web Anda untuk hasil pencarian lokal, juga bisa menjadi taktik pemasaran digital yang berharga untuk bisnis yang beroperasi di lokasi geografis tertentu, seperti toko batu bata dan mortir, restoran, dan bisnis berbasis layanan lainnya.
KESIMPULAN
Berdasarkan materi diatas dapat disimpulkan bahwa, teknologi berkembang dari zaman ke zaman. Pemasaran telah sangat berkembang menjadi berbasis teknologi, oleh sebab itu strategi digital marketing sangat penting untuk dikembangkan karena dapat mentargetkan target pasar yang berpotensial dan dapat mengurangi banyak biaya. Digital Marketing merupakan cara untuk berpromosi dengan media jaringan komputer / internet dengan menggunakan strategi marketing digital yang tepat. Digital Marketing atau Pemasaran Digital, saat ini merupakan suatu keharusan untuk dilakukan bagi semua perusahaan dan merupakan strategi pemasaran yang efektif. Strategi Digital Marketing minimal meliputi SMS Marketing, E-mail Marketing, Search Engine Marketing, Social Media Marketing, dan Content Marketing.
Sekian dan terimakasih.
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
(Wassalamu 'alaikum wr. wb.)